Saat ini, hampir semua orang memiliki tongsis. Mulai dari anak muda, orang tua, pejabat, atlit, artis dan selebriti, hingga rakyat biasa. Tapi tahukah bahwa alat fotografi paling laku di dunia tersebut adalah ciptaan seorang kakek tua yang awalnya ternyata tidak laku dipasaran.



Pencipta tongsis tersebut adalah pria jepang yang bernama Hiroshi Ueda. Dia adalah seorang insinyut yang bekerja di perusahaan elektronik dan kamera, Minolta. Hiroshi Ueda, pertama memperkenalkan tongsis dan mematenkan kaya ciptanya pada tahun 1983.

Saat Hiroshi dan keluarganya selalu kesulitan melakukan foto bersama ketika berlibur di Eropa. Bahkan saat mereka liburan di Paris, seorang anak kecil yang dimintai tolong Hiroshi untuk memotret dirinya dan keluarganya justru malah membawa kabur kamera mereka. Karena hal tersebut lah akhirnya Hiroshi menciptakan tongsis.

sayangnya, tongsis tidak laku dipasaran pada saat itu, hingga akhirnya Hak Paten tongsis tersebut habis pada tahun 2003 lalu. Dan, karya ciptanya yang kini populer setelah 30 tahun berselang, Hiroshi tak menerima sepeser pun royalti atas penemuan briliannya tersebut.

(Sumber: Lintas me)