Batu akik belakangan ini mulai banyak diminati, uniknya jika dahulu batu akik diminati oleh kalangan orang tua, kini batu akik lebih banyak diminati oleh kalangan muda. Pecinta batu akik mulai menyebar dari kalangan artis, kaya, miskin, maupun kalangan pejabat.

loading...

Sebenarnya apa itu batu akik? menurut uniknih.com, kata batu akik berasal dari kata Agate atau sejenis mineral silika berwarna dan berlapis. Batu akik merupakan hasil dari proses alam baik itu berasal dari perut bumi maupun berasal dari luar perut bumi.

Batu akik disebutkan memiliki beberapa jenis, dikutip dari dapurtambang batu akik terbagi menjadi 7 jenis yaitu:


- Batu Merah Delima

Batu Merah Delima merupakan batu akik berasal dari mineral kemudian mineral tersebut dibentuk dari hasil proses geologi, unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia

- Batu Kecubung
Batu akik satu ini memiliki nama yang aneh, batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda, biasanya batu ini disebut juga sebagai batu birthstone


- Batu Giok

Hampir semua orang pasti pernah mendengan kata batu giok, apalagi penggemar film kungfu. Batu giok merupakan salah satu jenis batu akik yang merupakan salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral, telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.


- Batu Amber

Batu Amber adalah salah satu jenis batu akik, merupakan resin pohon yang sudah berubah menjadi fosil. Ambar berkualitas bagus digunakan dalam pembuatan barang permata dan ornamen. Meski tidak termineralisasi, ambar sering digolongkan sebagai sebuah batu permata.


- Batu Intan

Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.

- Batu Onix 
Batu akik satu ini tergolong sebagai bebatuan kuarsa, Batu onix ini memiliki tiga macam jenis yaitu berwarna hitam dan memiliki dasar putih disebut dengan Obix biasa, berwarna merah dan dasarnya putih disebut Onix Karneol, sedangkan berwarna merah tua dengan dasar putih disebut Sardonix

- Zamrud
Batu akik ini dianggap sebagai batu istimewa, bahkan Indonesia dikatakan sebagai Zamrudnya katulistiwa karena dianggap sebagai negara istimewa karena memiliki banyak hutan. Zamrud merupakan Batu akik mulia berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril, sedangkan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Kekerasan zamrud termasuk tinggi. Walaupun Indonesia dikatakan sebagai negara zamrud katulistiwa, faktanya penghasil zamrud berkualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.

DiIndonesia, Batu Akik dianggap memiliki keistimewaan karena setiap jenisnya dianggap memiliki khasiat dan dan manfaat tersendiri, mulai dari pemancar pesona hingga memperlancar bisnis. hal mistis dari batu akik tersebut merupakan kepercayaan dari sipemakai batu akik tersebut, namun banyak juga pengguna batu akik seperti anak muda yang menggunakan batu akik karena sedang ngetrend.