>


Desa Nagoro adalah sebuah desa terletak di Shikoku Island, Japang. Desa ini dahulu ramai penduduk, tetapi sekarang hanya dihuni oleh kurang dari 50 orang saja karena sebagian besar penduduk pindah kekota besar seperti Osaka dan Tokyo.

Ayano Tsukimi, 64 tahun bercerita. Ia pergi mencaricari kerja di Osaka, dan 11 tahun kemudian dia kembali ke kampung halaman. Namun keadaan desa menjadi sangat sunyi dan kosong. untuk mengubah situasi ini, dia mendapat ide untuk membuat sesuatu agar desa Nagoro menjadi terlihat ramai. Dengan menggunakan kain bekas dan pakaian lama, dia membuat boneka berukuran manusia. awalnya Ayano Tsukimi hanya membuat satu boneka berbentuk seperti ayahnya. Kemudian idenya semakin bertambah, dia menghasilkan boneka berdasarkan ingatan akan keluarga dan penduduk yang pernah tinggal di situ. Ada anak-anak dan juga orang dewasa.

Kini sudah terdapat 350 boneka didesa Nagoro, Menurut Ayano Tsukimi, boneka-boneka tersebut hanya bertahan selama 3 tahun saja, jadi sebagai langkah untuk menggantikannya, dia tidak berhenti membuat boneka yang baru untuk menggantikan boneka yang sudah rusak.