Sudah sepekan kabar pocong keliling tengah menghantui warga kelurahan Manggar Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur. Mereka ketakutan hingga polisi ikut turun tangan. Ketakutan warga lantaran hantu itu meminta tali pocongnya dilepas.



Mereka menduga pocong keliling itu merupakan arwah gentayangan seorang bernama Lambat, warga RT 39 Trans Manggar Baru, Balikpapan Timur. Jenazah belum lama ini baru dimakamkan. Bahkan pihak keluarga mengakui bahwa tali ikat pocong Lambat belum dilepas.

“Mungkin ada pemahaman tersendiri. Keluarga yang kami datangi bersama Babinkamtibmas itu, mengakui memang anggota keluarganya saat dimakamkan, tali pocongnya tidak dilepas,” kata seorang tokoh masyarakat di Manggar Lama, Andi Baso, kepada merdeka.com, Senin (25/4) kemarin.

Isu pocong keliling minta talinya dilepas di wilayah dikenal sebagai Kampung Nelayan, ini menyebar dari mulut ke mulut. Hanya beberapa orang mengaku perah ditemui pocong itu. Sedangkan warga lainnya ketakutan padahal belum pernah melihat.

Akibatnya banyak masyarakat terganggu merebaknya isu ini. Itu terlihat dari keramaian warga mulai meredup di malam hari. “Sekarang lebih banyak di dalam rumah, jadi khawatir. Jadi agak sepi daripada biasanya,” ujarnya.

Lantaran sudah menjadi kabar santer di telinga warga dan dianggap meresahkan, polisi dan TNI akhirnya turun tangan. Mereka bahkan melakukan patroli malam untuk menjaga keamanan warga.


>