Bukan hanya Indonesia yang mengirim tenaga kerja wanitanya ke luar negeri. Philipina, negara sesama anggota ASEAN di Asia Tenggara ini juga menjadi pengirim tenaga kerja wanita ke luar negeri dengan tujuan yang hampir sama dengan Indonesia.



Bersumber dari Kompasiana, seorang TKW bernama Fera Nuraini menceritakan pengalamannya disaat sedang mengantarkan "kungkung" (kakek) majikannya kerumah sakit. Berikut kutipannya:

"Cece (mbak) dari Indonesia ya?"

"Iya" dari Indonesia. Jawab majikanku

"Indonesia memang lebih baik dari Philipina. Saya dulu ambil dari Philipina, tapi kerjanya asal-asalan, gak bersih, nakal, gak nurut, sering membantah, gak bisa masak. Saya kapok dan sekarang saya juga ambil dari Indonesia. Waah, bedanya jauh banget. Yang ini kerjanya lebih cepat, bersih juga rapi, nurut, jujur". Cerita dokter ke majikan saya. Saya hanya senyum-senyum di balik masker. Dalam hati berkata "Alhamdullilah, bisa membawa nama baik Indonesia meskipun lewat jalur menjadi TKW". (Sumber: Kompasiana)


>