Kedutaan Besar RI (KBRI) Seoul M. Aji Surya memastikan belum ada Tenaga Kerja Indonesia yang menjadi korban topan Chaba. Topan itu menyapu bagian selatan Semenanjung Korea, pada Rabu, 5 Oktober 2016.



“Tambak yang menjadi lahan kerja para tenaga kerja Indonesia nyaris ludes disapu. Bangunan juga runtuh, tapi sejauh ini tidak terdengar adanya korban WNI,” ujar Aji lewat keterangan pers KBRI Seoul, Kamis, 6 Oktober 2016.

Menurut dia, Topan Chaba juga melanda daerah Pantai Tongyeong di dekat Kota Busan, Korea Selatan. Akibatnya, hampir semua TKI tidak melaut, karena ombak yang tinggi dan kencangnya angin laut.

Aji mengatakan tim Konsuler KBRI Seoul pun sempat mengontak pemerintah Korea untuk memeriksa lagi ada-tidaknya korban dari TKI. 

“Sampai siang tadi (Kamis), ternyata nihil,” ujarnya. “Kalau perlu, akan dikirim satu tim ke Pulau Jeju guna mengetahui masalah di lapangan,” ujar Aji.

Otoritas Korea menyatakan Pulau Jeju dan kota-kota di barat daya, termasuk Busan dan Ulsan, sebagai daerah yang paling parah terkena dampak Chaba. Selain munculnya korban manusia, badai yang disebut menyerupai tsunami itu merusak sejumlah pusat industri dan pabrik besar di Korea Selatan.

Pemerintah setempat diketahui menutup pelabuhan, bandara, stasiun kereta, dan terminal bus hingga situasi membaik. (Sumber: Tempo)



>