WikiLeaks protes keras kepada Google karena baru memberitahu bahwa Google telah membocorkan informasi pribadi sejumlah anggotanya kepada Pemerintah Amerika Serikat 2,5 tahun lalu. Organisasi anti-rahasia itu kemudian menyampaikan kritiknya dalam sebuah surat.


Perwakilan pengacara WikiLeaks mengatakan bahwa mereka merasa terganggu oleh tindakan Google tersebut, terkait dengan surat perintah yang diterima perusahaan dari aparat penegak hukum. WikiLeaks juga ingin tahu informasi apa saja yang telah diberikan oleh Google kepada pemerintah.

Pihak Google mengatakan bahwa mereka terpaksa memberikan informasi tersebut karena dibawah surat perintah terkait proses investigasi tentang spionase, konspirasi untuk melakukan spionase, serta pencurian atau pengubahan properti Pemerintah AS, dan sejumlah hal lainnya.

WikiLeaks yang didirikan oleh Julian Assange mendapat sorotan publik pada tahun 2010. Saat itu, WikiLeaks mempublikasikan sejumlah informasi rahasia pemerintah termasuk membocorkan kabel diplomatik AS.

(Sumber: theguardian.com)