Compact camera atau di Indonesia lebih sering disebut kamera digital jarang diminati dibandingkan DSLR khususnya oleh para penghobi fotografi. 

Compact kamera jarang diminati karena ukuran sensor yang lebih kecil dibandingkan DSLR, selain itu Compact kamera tidak bisa mengganti lensa, dan yang terpenting kamera compact dianggap tidak memiliki prestige untuk bersosialisasi.

Compact Camera terbagi menjadi dua jenis, yaitu Point-and-shot dan prosumer. Kamera Point-and-shot adalah kamera untuk yang tidak memiliki fitur pengaturan aperture dan shutter speed, kamera ini mengandalkan fitur mode. Biasanya kamera Point-and-shot ini disebut juga kamera pocket.

Sedangkan kamera prosumer memiliki fitur yang dapat mengatur ISO, aperture, dan shutter speed layaknya DSLR. Disebagian kamera memiliki zoom yang sangat panjang dan sering disebut super tele.

Kelebihan dari compact camera adalah mudah dibawa, bentuknya yang kecil dan ringan memudahkan kita untuk membawa kamera kemana-mana. Kamera ini cocok untuk orang-orang hobi treveler. Dengan sedikit retouch, hasil dari kamera Compact tidak kalah dari kamera DSLR

Berikut ini adalah kumpulan foto-foto hasil dari kamera compact dari member group kaskus pocketography:

Casio EX-H5

Kodak EasyShare V803

Fuji HS20 EXR

 Fuji HS20 EXR

Kodak C913

Canon S95

 Ixus 80IS


kodak z990