Selain tradisi matriakhal yang ada di china, tradisi yang dijadikan acara sex bebas selanjutnya adalah tradisi ritual bomena di Bhutan. Sebuah tradisi berburu wanita yang sudah ada sejak zaman dahulu.



Tradisi ini sebenarnya adalah ajang perkenalan dalam memcari jodoh, namun dalam perkembangannya menjadi sebuah ajang sex bebas.

Dalam prakteknya, seorang pria yang sedang melakukan ritual Bomena akan mendatangi rumah yang memiliki anak gadis pada malam hari. Si pemburu akan masuk je kamar si gadis dan bermalam disana, tetapi wajib keluar sebelun matahari terbit.

Syarat utama dari Bomena adalah, si pemburu harus melakukan semua ritual tersebut tanpa harus ketahuan oleh orang tua gadis tersebut. Jika si pemburu tidak ketahuan oleh orang tua si gadis, maka dia berhasil.

Akibat dari tradisi ini, banyak anak gadis muda yang harus hamil diluar nikah. Bahkan banyak yang terpaksa harus menikah di usia belia. Namun belakangan ritual ini mulai ditinggalkan karena terjadi urbanisasi. (Sumber: palingseru)