Dua desa yang bernama Desa Tebing dan Desa Negara Bathin mendapat cap Kampung Begal karena banyak begal yang berasal dari desa tersebut.



Desa Tebing yang berada di Kecamatan Mlinting dan Negara Bathin yang berada di Kecamatan Jabung merupakan sebuah desa dari Bandar Lampung bisa dijangkau dengan waktu tempuh sekitar empat jam perjalanan sepeda motor.

Pamor Desa Tebing dan Negara Bathin menjadi terkenal karena aparat kepolisian sering datang ke tempat ini untuk mencari komplotan begal. Berkali-kali pula Unit Kejahatan dan Kekerasan Kepolisian Daerah Lampung menangkap pembegal di sana. Petugas menyita amunisi dan senjata api dari warga desa ini.

Kepala Desa Tebing, Bukhori, menolak jika dikatakan desanya dicap sebagai kampung begal. Walaupun, ia mengakui, sebagian kecil warganya memang pernah terlibat dalam tindak kejahatan tersebut. “Ada yang menjadi begal, tapi itu hanya 10 persen,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Unggung Cahyono, mengatakan telah menyiapkan pasukan khusus untuk menyerbu tempat persembunyian para pelaku begal motor yang bermarkas di Lampung.

"Kami akan kerahkan pasukan tempur untuk membantu menggerebek mereka (begal)" kata Unggung (Sumber: Tempo & Okezone)


>